Minggu, 07 Juni 2015

PERBAIKI MODUL MESIN CUCI SHARP

Sedikit share mengenai perbaikan modul panel mesin cuci sharp satu tabung. Karena mesin cuci sharp tergolong mesin yang sering paling banyak mengalami kerusakan pada system modulnya. Sebenarnya perbaikan ini jarang dilakukan oleh teknisi mesin cuci karena sangat memakan waktu lama. Kebanyakan teknisi mesin cuci tidak ingin repot jika ternyata kerusakan adalah modulnya. Tidak berpikir panjang dan menggantinya dengan modul baru yang harganya kurang lebih 700rb untuk yang orisinil maupun dengan solusi menggatinya dengan modul china yang harganya lebih murah. Hal itu disesuaikan dengan keuangan pemilik mesin cuci itu sendiri.

Cara Memperbaiki Modul Mesin Cuci Sharp

 
memperbaiki modul mesin cuci
 
 
 
Perbaikan ini sebenarnya saya lakukan karena dari segi keuangan saya, dan saya juga tidak merekomendasikan untuk para teknisi mesin cuci untuk memperbaiki modulnya sendiri karena memakan waktu lama dan kepuasan pelanggan menjadi berkurang terhadap pelayanan kita yang lama.
 
Untuk langkah perbaikanya adalah membuang semua penutup pelindung silikon yang ada pada modul mesin cuci. Bersihkan sampai bersih dengan menggunakan obeng minus maupun cutter. dan pengechekan paling awal adalah sekering dan tegangan keluaran outputnya pada setiap kaki elco. 
 
Seperti kasus yang banyak saya alami adalah kerusakan pada trafonya. karena jika di ukur tegangannya sama sekali tidak nampak.
Lepas trafo dan ukur dengan multimeter. Lilitan primer maupun sekundernya. Jika putus bisa dikatakan trafonya rusak. Kerusakan paling banyak adalah putusnya sekering dan trafo ini. Kalo tidak ada sekering bisa juga resistor berukuran 4,7ohm s.d. 47ohm yang menghubungkan ke lilitan primer. 
cara memperbaiki modul
Kerusakan yang lain sebagai contoh apabila motor tidak berputar walaupun motor servonya masih bagus adalah dua buah TRIAC sebagai contoh nilainya berukuran BCR8PM sekaligus capasitor tantalum berukuran 2n2nF/1KV. 
 
Dan kerusakan yang lain bisa anda kembangkan pengukuran anda dengan mengecheck komponen yang lain semisal dioda zener,elco yang kembung  maupun komponen SMDnya. Seperti pengalaman lain yang pernah saya alami adalah modul sharp protect. Apabila di nyalakan pertama oke kemudian protect alarm, kasus ini termasuk kasus yang membuat saya stress berat. Dan kesimpulanya adalah komponen capasitor SMD yang short.
 
Teruskan pengukuran anda sampai hal-hal sekecil mungkin karena hal yang tak disadari oleh kita sendiri secara fisik bagus namun sejatinya komponen tersebut pembuat rusaknya modul mesin cuci tidak berfungsi dengan baik.
perbaiki mesin cuci
Tahap akhir adalah mencobanya dengan memasangkan modul dengan unit mesin cuci. Apabila dirasa sudah beres tinggal mengembalikannya dengan menambalnya lagi dengan lem silikon. Hal ini dilakukan untuk menghindari percikan air apabila sedang digunakan saat proses mencuci.
 
Oke sekian dulu sharing pengetahuan dari saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar