Minggu, 07 Juni 2015

Membuat Lampu Darurat Dari Aki Bekas

Membuat Lampu Darurat Dari Aki Bekas 
Apakah di daerah Anda sering terjadi pemadaman bergilir? Jika jawabannya TIDAK berarti Anda Sedang Beruntung. Namun jika jawabannya YA berarti anda harus repot mencari cari korek ataupun ponsel anda untuk dinyalakan untuk sekedar memberikan seberkas cahaya di saat gelap yang tiba tiba menyergap, kalau tidak berarti Anda harus menabrak apa saja yang berada dihadapan Anda. 
Untuk mengantisipasi pemadaman listrik oleh PLN pernah saya tulis pada artikel yang telah lalu tentang Membuat Generator dari Sepeda Motor yang dapat memberikan listrik alternatif saat terjadi pemadaman dari PLN, namun pengoperasiannya tentu saja tidak bisa langsung, Tetapi Anda harus menyiapkannya terlebih dahulu. 
 Saat tiba tiba gelap datang niscaya anda tidak dapat melihat apa apa. Untuk menghindari dari gelapnya suasana berarti Anda harus mencari cara untuk membuat keadaan tidak gelap atau langsung terang tanpa tindakan apapun.
 Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan lampu darurat otomatis. Lampu ini akan mampu menyala secara otomatis tepat pada saat listrik dari PLN mati sehingga tanpa di ON kan lampu akan menyala dengan sendirinya. Anda bisa membeli lampu darurat yang sudah jadi di toko toko elektronika dari berbagai macam type sesuai kebutuhan. Tentu saja membeli berarti harus membayar sejumlah uang yang lumayan. Ada solusi yang lebih ekonomis serta dapat menjadi penambah kreatifitas anda yaitu dengan membuat lampu darurat dari aki bekas sendiri, sambil belajar kan. Siapa tahu jika Anda mampu membuatnya, Anda dapat menerima ordrer pembuatan lampu darurat otomatis bagi teman dan tetangga Anda. Nah selanjutnya mengumpulkan terlebih dahulu alat alat yang diperlukan untuk membuat lampu darurat ini. 
 Jika Anda mempunyai sepeda motor dan pernah mengganti aki, maka janganlah dibuang aki bekas tersebut sebab masih bisa dimanfaatkan untuk menyimpan tenaga listrik yang dapat digunakan menyalakan lampu darurat otomatis pada saat pemadaman listrik terjadi. 
Bahan bahan yang diperlukan : 
  • Baterai / aki bekas motor 
  • IC 7805 Relai 12V 
  • Trafo 500mA atau 1 Amp 
  • Dioda bridge 1 Amp Dioda 1N4002, dioda bridge dapat diganti dengan 1N4002  4 buah. 
  • Deretan Lampu Led putih jumlah terserah Anda 


Skema lihat dibawah ini


Cara kerja sederhana: 
Saat terdapat suplly listrik dari PLN relay akan bekerja karena adanya arus dari (+) menuju relay, kondisi relay menjadi aktif sehingga saklar pada relay (S) terhubung dengan (A), akibatnya arus dari trafo yang telah disearahkan oleh B1 menuju baterai melalui S dan A. Kondisi baterai saat ini dalam posisi menerima arus listrik dari trafo ( charging ) untuk disimpan. Lampu led tidak menyala karena diputus oleh relay. Nah bila saatnya terjadi pemadaman listrik, relay menjadi tidak aktif karena tidak mendapatkan arus dari PLN, 
Kontak S berpindah posisi ke B sehingga arus dari baterai mengalir menuju IC 7805 selanjutnya ke D1 lalu ke lampu Led.
 IC 7805 mempunyai tugas menurunkan tegangan dari 12V menjadi 5V dan harus diperkecil lagi dengan menambahkan D1, karena menyesuaikan akan kemampuan LED yang mempunyai tegangan kerja sampai 4.5 V Dc, disini tegangan yang keluar dari D1 adalah sebesar 5V – 0.6V = 4.4V. Tegangan sebesar 4.4V sudah memadai untuk menghidupkan deretan lampu led putih sebagai penerangan. Pembuatan lampu darurat ini sengaja menggunakan lampu LED putih mengingat Led putih mempunyai cahaya lumayan terang dengan konsumsi arus yang kecil sehingga akan sangat menghemat baterai. 
 Semoga ditempat anda tidak gelap lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar