Kamis, 11 Juni 2015

Kewajiban Shalat bagi Umat Islam

shalat-ldiiShalat adalah salah satu kewajiban umat Islam. Shalat merupakan tiang agama dan amalan yang pertama dihisab pada hari kiamat. Kalau salatnya baik maka baik semua amalan lainnya dan kalau salatnya rusak maka rusak semua amalannya. Shalat merupakan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan kecuali karena uzur / halangan yang dibenarkan oleh syariat agama, seperti; wanita-wanita yang haid atau nifas. Orang yang meninggalkan shalat tanpa alasan yang dibenarkan syariat hukumnya adalah kafir.
فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا (103)
…maka dirikanlah salat, sesungguhnya shalat adalah kewajiban yang ditetapkan waktunya bagi orang-orang beriman.
[Surat An-Nisa ayat 103]

430 – حَدَّثَنَا حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ الْحَضْرَمِيُّ، حَدَّثَنَا بَقِيَّةُ، عَنْ ضُبَارَةَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي سُلَيْكٍ الْأَلْهَانِيِّ، أَخْبَرَنِي ابْنُ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ الزُّهْرِيِّ، قَالَ: قَالَ سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيِّبِ: إِنَّ أَبَا قَتَادَةَ بْنَ رِبْعِيٍّ أَخْبَرَهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: قَالَ اللَّهُ تَعَالَى: «إِنِّي فَرَضْتُ عَلَى أُمَّتِكَ خَمْسَ صَلَوَاتٍ وَعَهِدْتُ عِنْدِي عَهْدًا أَنَّهُ مَنْ جَاءَ يُحَافِظُ عَلَيْهِنَّ لِوَقْتِهِنَّ أَدْخَلْتُهُ الْجَنَّةَ وَمَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهِنَّ فَلَا عَهْدَ لَهُ عِنْدِي»
__________
[حكم الألباني] : حسن
…(dalam hadist khudsi) Allah Taala berfirman: Sesungguhnya Aku telah mewajibkan shalat lima waktu atas umatmu (Muhammad) dan Aku berjanji dengan sungguh-sungguh pada diriKu bahwasanya barang siapa yang datang dengan menjaga shalat lima waktu pada waktunya maka Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barang siapa yang tidak menjaga shalat lima waktun maka tidak ada janji baginya.
[Hadist Abu Dawud Kitabu Sholah]

463 – أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ حُرَيْثٍ قَالَ: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ مُوسَى، عَنِ الْحُسَيْنِ بْنُ وَاقِدٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنَّ الْعَهْدَ الَّذِي بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمِ الصَّلَاةُ، فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ»
__________
[حكم الألباني] صحيح
…Rasulullah SAW bersabda,”Sesungguhnya janji yang membedakan antara kita (orang iman) dan mereka (orang kafir) adalah salat, barangsiapa meninggalkan salat maka sungguh-sungguh ia telah KAFIR“.
Hadist Nasai No. 463 Kitabu Sholah
الصَّلاةَ عِمَادُ الدِّينِ
Shalat adalah tiangnya agama
[Hadist riwayat Baihaki]

466 – أَخْبَرَنَا أَبُو الْعَوَّامِ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنِ الْحَسَنِ، عَنْ أَبِي رَافِعٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ صَلَاتُهُ،… ”
__________
[حكم الألباني] صحيح
… sesungguhnya Nabi shalallohi alaihi wasallam bersabda:”Sesungguhnya yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya”.
[Hadist Nasa’i No. 466 Kitabu Sholah]

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ (238)
Jagalah kewajiban shalat lima waktu dan shalat yang tengah (Asar) dan tegakkanlah shalat karna Allah dengan tunduk (khusuk/tidak berbicara dalam shalat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar